Krisis Kepemimpinan Jabatan Kepala Sekolah di Kabupaten Purwakarta Istimewa

  • Bagikan
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat di Jl. Veteran Gg. Beringin

*oleh: Jainul Abidin

Ketika mendapat informasi dari sejumlah Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat terkait krisis kepemimpinan, naluri jurnalis langsung bereaksi.

Ada apa kok sampai ada krisis kepemimpinan, mengapa bisa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana keberlangsungan pendidikan ditingkat dasar jika tidak segara diatasi, apa penyebab terjadinya krisis ?

Berhari-hari hingga ber-minggu minggu penulis terjun ke lapangan melakukan pengumpulan informasi seakurat mungkin dari sejumlah narasumber yang berkompeten dibidangnya agar memperoleh gambaran yang komprehensif.

Kisahnya begini, yang di maksud terjadi krisis kepemimpinan ialah banyaknya SDN di Purwakarta tidak punya kepala sekolah definitif. Artinya dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Menurut informasi, ada sekitar 400 lebih SD Negeri termasuk SD Swasta di seluruh wilayah kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Kalau SD Negeri-nya sih berkisar diangka 300-an lebih.

Nah ternyata, dari 300-an lebih SD Negeri itu sekitar 80-an SD Negeri  dijabat oleh Kepala Sekolah yang berstatus Plt. Sementara daftar tunggu (stock) Calon Kepala (cakep) Sekolah yang sudah lulus mengikuti berbagai persyaratan Cakep dan kini sedang menunggu pengangkatan sebagai Kepala Sekolah definitive hanya ada 50 % nya saja.

Kok cuma ada segitu, emangnya tidak ada perekrutan cakep gitu ?. Inilah yang akan kita bahas.

Ternyata, (menurut pengakuan sejumlah Kepala SD Negeri yang mau berbagi informasi kendati mewanti-wanti agar namanya tidak dicantumkan dalam pemberitaan media) jabatan Kepala SD Negeri di Kabupaten Purwakarta Istmewa ini, beberapa tahun kebelakang tidak lagi jadi primadona dikalangan para guru SDN yang punya prestasi akademik. Mereka enggan mengikuti testing cakep. Kalau pun ada yang mengikuti testing cakep, bahasanya “susuganan”. Lho, kenapa ? (Bersambung).

  • penulis adalah wartawan.
  • Bagikan