Hari Ini Tahapan Pilkades Serentak di Purwakarta Dimulai

Pilkades Serentak Purwakarta
Bupati Purwakarrta, Jawa Barat, Hj. Anne Ratna Mustika, SE didam[pingi kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Jaya Pranolo

TrendPurwakarta.com – Hari ini, Jumat 26 Februari 2021 tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 170 desa di Kabupaten Purwakarta dimulai. Terhitung mulai hari ini, sampai 8 Maret 2021 mendatang, Bamusdes di tiap desa diminta untuk membentuk kepanitian Pilkades di tingkat desa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo pada Launching Pilkades Serentak di Bale Janaka, Komplek Pemkab Purwakarta, Jumat (26/2/2021).

“Seperti diisyaratkan peraturan bupati purwakarta nomor 79 tahun 2021 tentang pilkades, ada sejumlah hal baru dalam pelaksanaan pilkades ini, diantaranya; Pilkades dilaksanakan serentak, biaya bersumber dari APBD kabupaten dan APBDes, salah satu syarat calon kades adalah WNI, jumlah calon paling sedikit 2 orang dan paling banyak 5 orang, jumlah TPS lebih dari 1, tidak ada pilkades ulang, pilkades antar waktu, tidak mengenal kuorum, jumlah hak pilih per TPS hanya 500 dan pelaksanaannya  menerapkan prokes covid-19,” kata Jaya.