Bupati Purwakarta Gercep Pastikan Korban Keracunan Massal Mendapatkan Pelayanan Terbaik

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dedi Darmawan saat memberi keterangan kepada wartawan di RSUD Bayu Asih, Selasa malam (16/5/2023)

Sementara itu, berdasarkan laporan  dari Tim TGC Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta diperoleh keterangan bahwa telah terjadi bencana dugaan keracunan yang terjadi pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 sekitar pukul 15.00 WIB di Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam.

“Kejadian tersebut mengakibatkan korban keracunan sebanyak 99  orang yang dengan gejala ringan sebanyak 67 orang dan gejala berat 32 orang,” ujar Kadinkes Purwakarta, Deni Darmawan kepada awak media.

Menurutnya, telah dilakukan sejumlah tindakan terhadap para korban diantaranya dengan pemeriksaan TTV, pemberian obat symptomatis, rujukan kasus dan penanganan korban, sebanyak 67 orang rawat jalan di Puskesmas atau Posko Kesehatan Desa dan dirujuk ke RSBA sebanyak 32 orang.

Sementara, Kepala Desa Sukajadi, Edeng Suhandi dalam keterangannya mengatakan, penyebab keracunan masih belum diketahui, diduga warga menyantap hidangan hajatan pada hari Minggu 14 Mei 2023 lalu.

“Reaksi dugaan keracunan Selasa siang 16 Mei 2023. Gejala kebanyakan warga mual-mual dan diare. Setelah tindakan medis oleh RSBA, sebagian warga sudah diperbolehkan pulang,” kata Kades. (Aan/Jab/ES/hms)