Pemkab Purwakarta Siapkan 67 Destinasi Wisata Unggulan Untuk Menjaring Wisatawan pada Lebaran 2024

Salah satu destinasi wiasata unggulan di Kabupaten Purwakarta, Taman Air Mancur Sri Baduga

TrendPurwakarta.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta telah menyiapkan puluhan destinasi wisata unggulan untuk menjaring ratusan ribu para wisatawan pada masa lebaran tahun 2024 ini.

Posisi Purwakarta yang sangat strategis diperlintasan utama DKI Jakarta – Jawa Barat menuju Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemudik yang melintasi daerah penghasil utama buah Manggis terbaik di Indonesia tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono mengatakan, Pemkab Purwakarta akan mengoptimalkan semua potensi pariwisata Purwakarta untuk jadi tujuan para pemudik berwisata lebaran.

“Itu sekaligus untuk menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta yang meminta semua potensi yang bisa menghasilkan pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah dioptimalkan keberadaannya, termasuk sektor pariwisata,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono, Jumat, 22 Maret 2024.

Menurut Rudi, demikian besarnya jumlah pemudik lebaran tahun ini harus dijadikan peluang menggerakan perekonomian masyarakat maupun roda perekonomian daerah.

Data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), diprediksi akan ada pergerakan mudik secara nasional sebanyak 71,7 persen jumlah penduduk Indonesia, atau mencapai 193,6 juta jiwa.

Dari jumlah itu, 61,6 juta pemudik tujuan Jawa Tengah, 37 juta pemudik tujuan Jawa Timur, dan 32 juta pemudik tujuan berbagai daerah di Jawa Barat. Sisanya tersebar ke berbagai tujuan mudik ke daerah-daerah lain.

Rudi mengatakan, jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Barat tahun ini jauh lebih besar dibandingkan lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 18 juta pemudik.

“Jumlah pemudik yang demikian besar itu merupakan pasar besar bagi sektor pariwisata. Kita telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memanfaatkan peluang itu,” kata Rudi.

Jaring Ratusan Ribu Wisawatan

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta Mohamad Ramdhan mengatakan, pihaknya terus berbenah dan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menjaring para pemudik lebaran yang akan berwisata ke Purwakarta.