Menpora Buka Jambore KORMI Purwakarta

Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo, didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

Olahraga Serap Wisatawan

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, Jambore KORMI merupakan kalender tahunan dalam rangkaian hari jadi Kabupaten dan Kota Purwakarta.

“Kami ingin membangkitkan kembali olahraga masyarakat, agar masyarakat Purwakarta lebih sehat dan kuat, dan menghasilkan insan-insan olahraga yang menjadi unggulan, sehingga olahraga itu menjadi kebutuhan dan  gaya hidup khususnya dikalangan generasi muda,”  kata Bupati Anne.

Bupati perempuan pertama Purwakarta tersebut mengatakan, Pemkab Purwakarta telah berulangkali menyelenggarakan event olahraga  disejumlah  lokasi wisata,  sehingga bisa menyerap para wisatawan datang ke  Purwakarta.

“Seperti saat menggelar Internasional Triathlon Januari lalu kita gelar di Kawasan Jatiluhur, yang juga merupakan lokasi wisata unggulan. Dengan cara itu, event olahraga bisa membantu mendongkrak pariwisata daerah,”  kata Anne Ratna Mustika.

Jambore (KORMI) Kabupaten Purwakarta 2023 ini diikuti 6,200 peserta dari berbagai cabang olah raga. Penyelenggaraan Jambore kali ini merupakan jambore yang kedua. Jambore KORMI pertama telah sukses dilaksanakan pada Agustus 2022 lalu.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta Iyus Permana mengatakan, sejumlah induk cabang olah raga (INORGA) ikut berpartisipasi dalam Jambore KORMI,

“Dari total 30 INORGA yang terdaftar di KORMI Purwakarta, sebanyak 22 INORGA ikut serta dalam Jambore KORMI kali ini,” kata Iyus.

Iyus mengatakan, 22 INORGA yang ikut serta berpartisipasi dalam Jambore KORMI kali ini adalah cabang olah raga diantaraya senam tera, senam kreasi, panahan tradisional, layangan, ketapel, skateboard, gulat tangan, panco, takewondo, karate, kempo, pencak silat, air softgun, sepeda BMX, dan panjat gunung.

Menurut Iyus, jumlah peserta Jambore KORMI Kedua ini diikuti sebanyak 6,200 peserta yang terdiri dari para atlit, pelatih, manajer dan para pengurus INORGA. (jainul abidin/hms)