Disnakertrans Purwakarta Laksanakan Pelatihan Sebagai Upaya Menekan Angka Pengangguran yang Jumlahnya Mencapai 49.927 Naker

Kadisnakertrans Kabupaten Purwakarta, Didi Garnadi

“Pada tahun 2022 ini, Kami (Disnakertrans Purwakarta-red) punya program pelatihan yang anggarannya diperoleh dari pemerintah pusat. Ada 21 paket pelatihan yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Purwakarta. Pelatihan itu dibidang garmen, digital marketing, perbengkelan motor dan lainnya,”terang Kadisnakertrans Kabupaten Purwakarta, Didi Garnadi.

Dengan adanya pelatihan itu, kata Kadisnakertrans Didi Garnadi diharapkan setelah mendapat pelatihan bisa menjadi tenaga mandiri. “Dengan pelatihan yang kita laksanakan itu diharapkan menghasilkan tenaga trampil yang punya daya saing dan tidak terbelenggu hanya mencari kerja diperusahaan-perusahaan yang terbatas. Ini salah satu solusi yang kami upayakan untuk menekan dan mengurangi angka pengangguran tersebut,”urai Didi Garnadi.

Selain itu, Disnakertrans juga sedang mengembangkan pelatihan di bidang pertanian untuk menjadi tenaga petani milenial. Ada juga program pengelolaan sampah di desa-desa yang bisa menghasilkan pendapatan kepada tenaga kerja pengelola sampah yang tidak mendapat pekerjaan dibidang formal. “Saat ini kami butuh orang yang mau di didik untuk menjadi tenaga dibidang pengemudi Forklip. Kalau ada yang berminat silahkan daftarkan segera ke Disnakertrans,”(jainul Abidin)