Wisata  

Kampung Tajur Pasanggrahan Bojong Raih Penghargaan Juara Desa Wisata dari Kemenkraf

TrendPurwakarta.com – Kabupaten Purwakarta hingga saat ini memiliki beragam pilihan destinasi wisata, salah satunya destinasi wisata di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong yang mengusung konsep desa wisata.

Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama Kepala Disporaparbud, H. Agus Hasan Saepudin, Sekdis Heri Anwar dan pejabat Disporaparbud

Kampung Tajur, yang dikenal dengan Desa Wisata Kampung Tajur yang berklasifikasi Desa Wisata Berkembang pada 2021 lalu telah mendapatkan penghargaan sebagai 100 Besar Desa Wisata Terbaik Tingkat Nasional dan Desa Binaan Kemenparekraf RI, pada ajangĀ  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Baca Juga:  Ketua Harian Satgas Covid-19 Purwakarta; Pengelola Wisata Yang Tidak Patuhi Prokes Diadakan Penutupan

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, ia mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hari ini menyerahkan piagam penghargaan untuk Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong, yang sudah ditetapkan menjadi Desa Wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Tentu ini menjadi hal yang membanggakan. Untuk itu saya selaku bupati beserta jajaran pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap jajaran pemerintahan dan warga Desa Pasanggrahan serta pengelola pariwisata di wilayah ini,” kata Ambu Anne, disela penyerahan piagam penghargaan di Bale Nagri, Senin 21 Maret 2022.

Menurutnya, ada dua piagam yang diberikan, yang pertama adalah penghargaan kepada Pemerintahan Desa Pasanggrahan dan yang kedua adalah kepada pengelola wisata desa.