Wisata  

Kampung Tajur Pasanggrahan Bojong Raih Penghargaan Juara Desa Wisata dari Kemenkraf

“Kita ketahui bersama bahwa Desa Pasanggrahan mempunyai wisata unggulan yang berbasis budaya atau kearifan lokal. Di desa ini terpenuhi semua unsur wisata yang memiliki daya tarik wisata seperti wisata alam, budaya dan wisata buatan dalam satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Semuanya terintegrasi untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal sebagai pariwisata,” kata Ambu Anne.

Untuk diketahui, terdapat empat klasifikasi desa wisata yang didasarkan pada Jumlah Kunjungan, Industri Pariwisata yang berkembang, Kesiapan Skill dan SDM, Diversifikasi produk dan aktifitas wisata serta Amenitas Pariwisata. Empat klasifikasi tersebut yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju dan Desa Wisata Mandiri.

Anugerah Desa Wisata Indonesia, merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi berdasarkan tujuh kategori penilaian. Kategori tersebut antara lain: Penerapan Cleanliness (Kebersihan), Healthy (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE.

Berdasarkan penilaian tersebut Desa Wisata Kampung Tajur berhasil masuk 100 Besar dari 1.831 desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia yang terdaptar pada ajangĀ  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dalam ajang tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki tujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi, sehingga bisa berdampak positif terhadap kemajuan desa serta meningkatkan pendapatan masyarakat. (jainul abidin/hms

)