Wisata  

Libur Panjang Mejelang dan Selama Lebaran Kurban, Peluang Besar Purwakarta Jaring Wisatawan

Salah satu tempat Destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta

TrendPurwakarta.com – Banyak peluang untuk menjaring wisatawan. Libur panjang Lebaran Kurban 2023 kali ini adalah salah satu peluang besar yang bisa dimanfaatkan. Peluang itu pula yang sedang dibidik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

“Semua peluang untuk menjaring wisatawan akan selalu kita manfaatkan sebesar-besarnya. Libur panjang Lebaran Kurban tahun ini juga akan kita optimalkan sebaik-baiknya. Kita terus berbenah untuk menangkap peluang itu,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Selasa, 27 Juni 2023.

Destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Purwakarta

Menurut orang nomor satu di Purwakarta tersebut, libur lebaran yang cukup panjang disertai cuti bersama, memberi waktu yang leluasa bagi masyarakat untuk bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Purwakarta.

“Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya. Kita harus bisa menarik wisatawan untuk datang ke berbagai destinasi wisata kita. Keberhasilan menarik wisatawan bisa menggerakan roda perekonomian daerah dan masyarakat,” kata Bupati Anne.

Keseriusan Pemkab Purwakarta menjaring wisatawan saat liburan Lebaran Kurban itu sekaligus sebagai salah satu cara untuk mencapai target kunjungan wisatawan tahun 2023.

“Pada prinsipnya kita akan berusaha sekuat tenaga bisa mencapai target tersebut. Kita akan selalu membuat terobosan agar destinasi wisata di Purwakarta selalu menarik dikunjungi,” kata bupati perempuan pertama Purwakarta tersebut.

Data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan, kunjungan wisatawan tahun 2023 ditargetkan mencapai 2,5 juta wisatawan. Hingga Mei 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Purwakarta sudah mencapai 1.002.630 wisatawan.

Menurut Bupati Anne, persiapan untuk menjaring wisatawan selama libur lebaran dilakukan secara simultan melanjutkan keberhasilan menjaring wisatawan saat libur panjang Lebaran Idul Fitri pada April lalu.

Selama libur lebaran Idul Fitri, kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di Purwakarta mencapai 263.253 wisatawan. Jumlah itu melampaui target yakni 200.000 wisatawan.

Selama libur Lebaran Idul Fitri, tiga destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi adalah wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty dengan jumlah mencapai 68.781 wisatawan.