MAHASISWA KKN UPI KAMPUS PURWAKARTA BANTU PENGUATAN SISWA DI ERA NEW NORMAL

Hasna Fatimah, mahasiswa UPI Kampus Purwakarta

KKN dengan bentuk yang berbeda menuai kontroversi, terlepas dari baik buruknya KKN daring hal ini merupakan bukti bahwa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta terus melaksanakan tri darma perguruan tinggi sebagai bentuk penguatan pendidikan dan ekonomi di masyarakat.

Dengan demikian mahasiswa dilatih untuk berfikir kreatif, inovatif, dan solutif untuk terus berkontribusi dalam masyarakat dengan cara yang berbeda. Terlebih di masa pandemik covid-19 ini banyak problematika yang tidak biasa muncul. keresahan dan kekhawatiran pada setiap lapisan masyarakat. Hal ini diperkeruh dengan ketidak mampuan memaksimalkan penggunaan gadget sedangkan semua kegiatan dialihkan ke bentuk daring atau online.

Namun demikian kegiatan KKN disambut baik oleh masyarakat serta karang taruna setempat yang terus berkordinasi. Banyak informasi yang didapat dari produk yang di hasilkan mahasiswa yang sedang KKN, seperti video dan pamflet edukasi, pelatihan ekonomi, dan terutama dalam program pendampingan belajar baik bagi siswa maupun orangtuanya meskipun melalui daring, karena jumlah kasus yang terus merangkak naik.

Terlebih saat ini Purwarta berstatus zona merah. Sangat di sadari keadaan seperti ini banyak masalah yang muncul walau ada jargon “jarak bukan jadi masalah”. Namun nyatanya dengan keadaan masyarakat yang biasa beraktifitas secara konvensional hal ini menjadi kendala utama. maka dari itu mahasiswa turut andil dalam hal ini meskipun  pandemik belum kunjung usai, tetapi tidak menghalangi kaum intelek untuk terus mengabdian kepada masyarakat.

  • Penulis adalah mahasiswa UPI Kampus Purwakarta program strata 1 (S1)