MAHASISWA KKN UPI KAMPUS PURWAKARTA BANTU PENGUATAN SISWA DI ERA NEW NORMAL

  • Bagikan
Hasna Fatimah, mahasiswa UPI Kampus Purwakarta

Oleh : Hasna Fatimah Ramdani

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta, Jawa Barat menerapkan kebijakan kepada ±3.500 mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak 16 November 2020 lalu, dengan tema; “KKN TEMATIK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN DAMPAK COVID-19”.

Tujuan diadakanya kegaitan KKN yaitu sebagai proses pembinaan mahasiswa agar memperluas wawasan dan memahami realitas kehidupan di masyarakat. Dengan berbagai permasalahan yang ditemui dilapangan maka akan menambah keterampilan dan kedewasaan.

Suasana pandemik membuat KKN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada dasarnya setiap mahasiswa ditempatkan di daerah, namun bentuk pengabdianya dilaksanakan melalui pertemuan di dunia maya, seperti; mengadakan seminar bagi warga melalui aplikasi video conference, membuat video edukasi, membagikan pamflet edukasi kepada masyarakat, membantu guru dalam mengajar dan banyak lainya.

Sebisa mungkin semua bentuk kegiatan dilakukan secara daring, dalam rangka meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

KKN dengan bentuk yang berbeda menuai kontroversi, terlepas dari baik buruknya KKN daring hal ini merupakan bukti bahwa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta terus melaksanakan tri darma perguruan tinggi sebagai bentuk penguatan pendidikan dan ekonomi di masyarakat.

Dengan demikian mahasiswa dilatih untuk berfikir kreatif, inovatif, dan solutif untuk terus berkontribusi dalam masyarakat dengan cara yang berbeda. Terlebih di masa pandemik covid-19 ini banyak problematika yang tidak biasa muncul. keresahan dan kekhawatiran pada setiap lapisan masyarakat. Hal ini diperkeruh dengan ketidak mampuan memaksimalkan penggunaan gadget sedangkan semua kegiatan dialihkan ke bentuk daring atau online.

  • Bagikan