Pembangunan Saluran Irigasi Tercier Libatkan Tenaga Swadaya

TrendPurwakarta.com, Cianjur – Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) pada saluran Irigasi tercier sepanjang 250 meter yang membentang di wilayah kerja kelompok tani Cibiuk, Kampung Cibiuk, Desa Sukaratu Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, yang dibiayai Pemerintah Kabupaten Cianjur dan ditambah biaya swadaya masyarakt setempat.

Ketua Kelompok Tani Cibiuk Jamaludi (46) menjelaskan, kelompok tani Cibiuk yang meliliki anggota sebanyak 73 orang petani dan memiliki lahan sawah seluas 27 Ha sekarang tengah sibuk membangun TPT saluran irigasi tercier yang membentang ditengah pesawahan.

Pembangunan TPT tersebut dibiayai pihak Pemkab Cianjur dan diabantu swadaya masyarakat. Bantuan swadaya masyarakat setempat, itu bukannya menurunkan berbentuk uang atau barang, melainkan hanya menyumbangkan tenaga.

Ada yang ikut menggali tanah untuk pondasi, ngangkut batu pecah dan membantu lainnya, hal itu dilakukan demi lancarnya pembangunan TPT saluran irigasi tercier. Dengan adanya saluran irigasi yang baik maka pelaksanaan pertanian di Kelompok tani Cibiuk mampu meningkatkan kwalitas hasil pertanian, Ucapnya.