IKWI Jabar Menggelar Kegiatan Berkah Ramadan 2024 Mengunjungi Panti Lansia

BANDUNG – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat menggelar kegiatan Berkah Ramadan 2024 M/1445 H dengan tema ‘Nyaah Ka Sepuh’ dengan mengunjungi Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jalan Sancang no 2 Bandung, Sabtu 30 Maret 2024.

Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi yang berlokasi di Lengkong, Kota Bandung ini merupakan salah satu Panti tertua di Kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1938. Didirikan oleh Budi Istri. Mulanya, panti ini diperuntukan bagi istri dan anak para pejuang yang gugur di medan perang saat masa penjajahan.

Barulah setelah zaman penjajahan selesai, keberadaan panti ini dimanfaatkan sebagai Panti Werdha. Hingga saat ini Panti Werdha dikelola oleh Yayasan Budi Luhur.

“Saat ini kuota di Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi sebanyak 21 lansia wanita dan 10 pengurus. Dengan usia lansia paling muda 61 tahun dan paling tua 98 tahun. Diantara para oma ini yang masih kuat berpuasa sebanyak 18 orang,”ujar Asep, salah seorang pengelola Panti yang menerima kehadiran IKWI Jabar.

Lebih lanjut, Asep menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi ini bisa menerima kuota hingga 30 orang lansia wanita. Namun, melalui pertimbangan dan keputusan bersama, keberadaan pandemi Covid-19 membuat panti werdha ini akhirnya memilih untuk tidak menerima lagi tambahan lansia.

Alasannya, pertama untuk mencegah penyebaran Covid-19 kepada para lansia yang sangat rentan. Kedua, untuk mengurangi beban pengeluaran karena para lansia yang tinggal di panti werdha ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Kami di sini hanya mengandalkan keberadaan donatur. Sayangnya saat pandemi Covid lalu jumlah donatur berkurang,’ Jelas Asep.