Bedah Buku Anne Ratna Mustika: Perempuan Berpeluang Warnai Kebijakan Dalam Proses politik

TrendPurwakarta.com – Keterwakilan perempuan di bidang politik bukan hanya untuk memenuhi kesetaraan, lebih dari itu, perempuan juga dapat mewarnai kebijakan yang dihasilkan dari sebuah proses politik.

Ungkapan tersebut sepertinya tidak berlebihan jika menyimak apa yang diungkapkan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menjadi narasumber pada diskusi daring Peluncuran dan Bedah Buku berjudul; Jalan Terjal Perempuan Politik, Rabu (3/1).

Bupati yang kerap disapa Ambu Anne itu mengakui keterpilihannya sebagai Bupati Purwakarta mampu menghasilkan sejumlah program dalam sektor pendidikan dan kesehatan yang sangat bermanfaat bagi warga Purwakarta.

Program sektor pendidikan di Purwakarta, menurut Anne, memasukkan muatan lokal sebagai bagian dari bahan ajar di sejumlah tingkatan pendidikan. Selain itu, kabupaten Purwakarta juga mampu memberikan layanan kesehatan secara gratis.

Diketahui, buku berjudul Jalan Terjal Perempuan Politik ini dilahirkan oleh para perempuan dari berbagai partai politik agar para perempuan di Indonesia dapat terinspirasi berperan aktif di bidang politik.

Dialektika spesial peluncuran dan bedah buku tersebut dimoderatori oleh Emir Chairullah, turut hadir juga Dwi Septiawati Djapar (Ketua Umum DPP Kaukus Perempuan Politik Indonesia), Lena Maryana Mukti (Politikus Partai Persatuan Pembangunan), Titi Anggraini (Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi). Bertindak sebagai penanggap, Yunarto Wijaya (Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia) dan Usman Kansong.