Kembangkan Ekonomi Disektor Pariwisata, Pemkab Dorong Keterlibatan Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE

TrendPurwakarta.com –¬†Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menargetkan wilayahnya menjadi market pariwisata di Jawa Barat. Keinginan tersebut, tentunya dibarengi dengan upaya Pemerintah Daerah melalui dinas terkait untuk terus mempromosikan pariwisata secara massif.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengungkapkan, sejauh ini upaya yang telah dilakukan jajarannya melalui promosi dan berbagai event, baik skala nasional maupun lokal. “Dalam promosi ini, kami juga turut menggandeng kelompok penggerak pariwisata (Kompepar) yang ada di wilayah kami,” kata Ambu Anne Ratna Mustika, Sabtu (9/1).

Menurutnya, sampai saat ini di wilayahnya sedikitnya ada delapan Kompepar yang terlibat dalam pengembangan pariwisata yang ada di Purwakarta. Para Kompepar tersebut, turut membantu mempromosikan pariwisata yang ada di wilayahnya.

Menurut Ambu, peran Kompepar sangat menunjang bagi pengembangan sektor pariwisata. Adapun Kompepar dibentuk berdasarkan kebijakan pemerintah. Sehingga, dalam pelaksanaan tugasnya harus memiliki kesamaan dengan cita-cita pemerintah dalam hal pengembangan pariwisata. “Peran mereka, tentu sangat menunjang bagi pengembangan pariwisata,” ungkap Ambu.

Ambu menjelaskan, saat ini di wilayahnya banyak terdapat lokasi eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Di 2020 kemarin, pihaknya telah menetapkan sebanyak 63 destinasi wisata di wilayah. Hal ini juga sudah menjadi komitmen jajarannya bagaimana caranya mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada ini. Termasuk mengandalkan keterlibatan berbagai pihak.

Destinasi Wisata Ujung Aspal Kiarapedes
  • Bagikan