Kembangkan Ekonomi Disektor Pariwisata, Pemkab Dorong Keterlibatan Masyarakat

Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE
Destinasi Wisata Ujung Aspal Kiarapedes

“Setiap tahun, selalu ada penambahan destinasi wisata. Hingga akhir 2020 kemarin, tercatat sudah ada 63 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada. Dengan begitu, tugas kami bagaimana membantu mempromosikannya,” Jelas Ambu.

Selain menguatkan peran Kompepar, pihaknya pun melakukan penataan warung-warung para pedagang yang ada di sejumlah destinasi wisata. Tujuannya, tak lain sebagai bagian dari upaya mempercantik kawasan wisata ini.

“Kalau lapak pedagangnya dibuat lebih menarik, dipastikan bakal menambah daya tarik untuk pembeli. Jadi, kami bantu penataannya supa warung-warung di sekitar lokasi wisata ini tidak kumuh. Apalagi, kebanyakan mereka menjajakan kuliner khas Purwakarta,” katanya.

Ambu menambahkan, penataan ini salah satunya telah dilakukan di kawasan wisata Situ Wanayasa. Di lokasi ini, pemerintah telah membangun sekitar 8 spot foto dan 7 unit kios kecil yang bentuknya diserupakan serta 11 unit di kawasan wisata Ujung Aspal, Kiarapedes. Yakni, dengan bentuk saung yang memiliki khas tersendiri. (001)