Tokoh Masyarakat Karawang Minta Pemkab Setempat Bertindak Tegas Terhadap Keberadaan KJIE

  • Bagikan
Asep Agustian, SH.,MH
Asep Agustian, SH.,MH (foto: hariansiber.com)

TRENDPURWAKARTA.COM – Karawang, Sikap acuh manajemen Kawasan Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE) di Kecamatan Telukjambe Barat, disayangkan tokoh masyarakat Karawang Asep Agustian.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang telah memanggil pihak kawasan tersebut, untuk meminta kejelasan terkait akan adanya pembangunan perumahan mewah bernama ‘Rolling Hills’, namun pihak mamajen tidak meresponnya.

“Sangat sangat disayangkan atas sikap perusahaan tersebut, tidak mengindahkan panggilan dari Pemerintah Kabupaten Karawang,” ujar pria yang akrab disapa Asep Kuncir (Askun) melalui surat elektroniknya yang diterima TRENDPURWAKARTA.COM, Kamis (09/07/20).l malam.

Atas hal itu, Askun meminta Pemkab Karawang melakukan sidak terhadap Kawasan tersebut, untuk mengecek semua perizinan, bentuk legalitas atas keberadaan Kawasan tersebut.

“Saya minta pemerintah mengecek semua perizinannya, melalui Satpol PP, kalau ditemukan kejanggalan atau tidak ada perizinan sebagaimana mestinya, pemerintah harus berani tegas untuk menutup sementara kawasan disanah, sampai semua perizinan selesai ditempuh,” kata Askun.

Bukan hanya menyayangkan sikap acuhnya pihak Kawasan, Askun juga memperingatkan agar pihak kawasan dapat menghargai otoritas pemerintah daerah, terbitnya hak otonomi daerah merupakan fungsi dari Disentralis yang menjadi dasar daerah dapat mengembangkan pembangunannya secara mandiri.

“Pihak pengusaha jangan sampai berpikir, karena ia sudah berkomunikasi dengan pemerintah di atas, lantas dapat bersikap seenaknya, perusahaan harus dapat menghargai pemerintah daerah juga, apalagi ada aturan otonomi daerah, karena mereka kan membangun di Karawang,” jelasnya.

  • Bagikan