Bisnis  

Selain Harus Punya Sikap, Seorang Usahawan Harus Punya Mental Berani

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans, Tuti Gantini (baju kuning) dan Hesti (kerudung hitam).
  • Oleh: Jainul Abidin

Kunci sukses menjadi wirausahawan adalah berani, berani dan berani. Artinya, wirausahawan harus berani menanggung resiko, berani rugi, berani untung, dan berani suskes. Jika tidak punya mental berani maka tidak akan bisa menjadi wirausahawan yang sukses.

Demikian disampaikan oleh Ibnu Kurniawan Hidayat, S.Pt. dalam kuliah umumnya yang pernah digelar di ruang Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) sebagaimana dilansir pada website FIS UNY.

“Ketika anda memutuskan menjadi seorang wirausahawan, maka otak anda akan selalu berkembang karena setiap hari anda harus berfikir untuk membuat inovasi agar produk atau bisnis yang anda jalankan tidak kalah bersaing dengan para kompetitor. Seorang wirausahawan dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif,”jelasnya.

Lebih lanjut, Ibnu memaparkan bahwa kendala yang sering dialami ketika memulai usaha adalah punya ide tetapi tidak punya modal atau sebaliknya. Kendala lainnya yaitu punya modal tetapi tidak ada kemauan untuk berwirausaha. Dengan demikian, pertama kali yang harus dimiliki adalah keberanian sehingga keberanian ini menjadi kunci awal dalam memulai usaha.

Pemaparan yang disampaikan dosen FIS UNY itu gambaran nyata yang dialami oleh seorang usahawan muda bernama Hesti (26) yang kini usahanya sudah mulai berkembang cukup menjanjikan masa depan bagi Hesti.