Bupati Purwakarta Jemput Bola Hingga Ke Pelosok Desa untuk Memperkuat Data Kependudukan

Petugas kependudukan sedang melayani warga

TrendPurwakarta.com – Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus melakukan berbagai inovasi dalam menyelenggarakan pelayanan publiknya, termasuk dalam memperkuat data adminsitrasi kependudukan bagi warganya.

Meski sudah memiliki pelayanan administrasi kependudukan yang sudah terintegrasi dengan baik melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara, Pemkab Purwakarta juga terus melayani secara proaktif warganya dengan membuat program Kelambu (Kegiatan Pelayanan Masyarakat di Hari Rabu) dan Lampu Umat (Pelayanan Jemput Bola di Hari Jumat).

Dua inovasi yang digagas Bupati Purwakarta melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta itu merupakan bentuk pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan cara menerjunkan petugas untuk jemput bola mendatangi langsung masyarakat.

Salah satu keberhasilan dari program itu adalah kepemilikan dokumen kartu keluarga (KK) di Purwakarta yang hampir mencapai 100 persen.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, dua program itu khusus diprioritaskan untuk melayani masyarakat yang tinggal dipelosok desa atau di desa terluar Purwakarta.

“Program itu diarahkan bagi warga yang lokasi desanya jauh dipelosok atau berada di perbatasan dengan daerah kabupaten lain. Kepada mereka kita memberikan pelayanan dengan cara jemput bola. Petugas dari Disdukcapil diterjunkan langsung mendatangi mereka,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Senin, 22 Mei 2023.

Langkah itu, lanjut Bupati Anne,, untuk memastikan warga di pelosok desa mendapatkan pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan dokumen lainnya.

“Dengan pelayanan jemput bola itu, sekaligus sebagai langkah untuk memperkuat data kependudukan Kabupaten Purwakarta. Kita ingin semua warga Purwakarta memiliki dokumen kependudukan yang lengkap,” kata Bupati Anne Ratna Mustika.