Bupati Purwakarta Jemput Bola Hingga Ke Pelosok Desa untuk Memperkuat Data Kependudukan

Petugas kependudukan sedang melayani warga

Dokumen KK Hampir 100 Persen

Sementara Kepala Diskdukcapil Purwakarta Muhamad Husni mengatakan, berkat dukungan kuat dari Bupati Anne Ratna Mustika untuk terus memperkuat pendataan, saat ini sebagian besar masyarakat Purwakarta sudah memiliki dokumen kependudukan yang makin lengkap.

“Apalagi setelah langkah jemput bola melalui program Kelambu dan Lampu Umat dijalankan. Warga masyarakat yang tinggal dipelosok desa dan desa terluar pun bisa kita layani pembuatan dokumen kependudukannya,” kata Husni.

Husni mengatakan, partisipasi masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukannya sangat tinggi.

Saat ini, lanjutnya, untuk dokumen Kartu Keluarga (KK), sebanyak 328.232 keluarga sudah memiliki kartu tersebut, atau sebesar 99,67 persen dari jumlah total yang mencapai 329.306 keluarga.

“Ibu Bupati minta agar kepemilikan kartu keluarga bisa mencapai 100 persen dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dua program inovasi Kelambu dan Lampu Umat bisa mempercepat target tersebut,” kata Husni.

Menurut Husni, langkah jemput bola saat ini masih terus berlangsung di wilayah pelosok desa yang masuk kawasan Kecamatan Maniis dan Kecamatan Jatiluhur.

“Di Kecamatan Jatiluhur masih ada beberapa desa yang loaksinya cukup sulit dijangkau. Sementara Kecamatan Maniis merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. Kita jemput bola karena jarak mereka terlalu jauh dengan pusat kota,” kata Husni. (Aan/jab/hms)