Bupati Purwakarta Dinobatkan sebagai Kepala Daerah Peduli Baznas

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (pegang berkas) dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Karliati Juanda

Sementara, Wakil Ketua IV Baznas Jabar Bidang SDM, Administrasi, dan Umum, Achmad Faisal menyampaikan penganugerahan Baznas Jabar Awards 2022 ini sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dan berprestasi dalam membangun peradaban zakat di Jabar, mulai BAZ kabupaten/kota se-Jabar, LAZ kabupaten/kota se-Jabar, dan 24 kepala daerah yang peduli pada Baznas.

“Tahun ini kami ada 28 kategori sedangkan tahun sebelumnya ada 11 kategori. Semoga saja dengan apresiasi ini bisa memberikan motivasi kepada lembaga pengelola zakat baik BAZ maupun LAZ agar mereka mampu meningkatkan kualitasnya, sehingga berdampak ada meningkatnya kepercayaan dari masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa capaian zakat di Baznas Jabar untuk tahun ini mencapai Rp 2,6 triliun. Sementara target capaian tahun depan Baznas menargetkan sebesar Rp 4,1 triliun se-Jabar.

Faisal menyebut Baznas ini merupakan lembaga pemerintah non struktural, maka selayaknya kepala daerah di masing-masing wilayah mendapatkan kepercayaan masyarakatnya untuk berzakat.

“Baznas ini sangat strategis untuk kepentingan pembangunan daerah. Baznas juga bisa membantu pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan sosial di daerah,” ujar Faisal. (jainul abidin/hms)