Program KB Dinas Pengendalian Penduduk Purwakarta Meraih Sejumlah Penghargaan Tingkat Jabar

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan, H. Yayat Hidayat memperlihatkan bukti peraihan penghargaan program KB tingkat Jabar

Ambu Anne merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala DPPKB beserta jajaran, diharapkan hal ini dapat dipahami dan diikuti oleh masyarakat dalam pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) dan pemasangan alat kontrasepsi.

“Tugas besar bagi DPPKB yaitu meyakinkan masyarakat dengan memberikan edukasi dan pengarahan terkait pentingnya program KB dan pemasangan alat kontrasepsi di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan DPPKB Kabupaten Purwakarta dapat terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata Ambu Anne.

Ambu Anne juga berharap para kader KB agar tidak pernah berputus asa untuk terus memberikan edukasi atau KIE dimana pun berada.”Sepuluh tahun yang lalu di Kecamatan Plered ada keluarga yang memiliki anak sampai 15 anak dan belum lama ini di Kecamatan Maniis ada keluarga yang memiliki 12 anak. Hal itu merupakan potret dimana sulitnya meyakinkan masyarakat untuk ikut dalam program KB,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, yang pertama, karena memang belum tersampaikannya informasi soal KB yang sejelas-jelasnya ke masyarakat. “Untuk itu, para kader ini harus terus berusaha, tidak ada hari libur, mereka harus tetap melakukan KIE atau komunikasi, informasi dan edukasi,” kata Ambu Anne.

Sementara itu, Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat mengatakan pelayanan DPPKB untuk masyarakat sudah maksimal karena sudah melaksanakan kegiatan KB bergerak. “Kita juga keliling ke padat penduduk termasuk perusahan swasta kita juga akan coba untuk melaksanakan pelayanan KB,” kata Yayat. (jab/ril)