Purwakarta 4 Kali Meraih Penghargaan Natamukti, yang Keempat Meraih Natamukti Nindya dari Kementerian KUKM RI

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika ketika menerima penghargaan Natamukti

“Penghargaan ini ada tiga kategori. Yakni Natamukti, Natamukti Nindya dan Natamukti Ganapravara. Untuk ini kita masuk kategori Natamukti Nindya,”terang Bupati Ambu Anne.

Dengan kata lain, 2021 ini tahun ke empat Purwakarta dapat penghargaan seperti ini. Tiga tahun berturut-turut Purwakarta masuk kategori Natamukti karena dinilai sebagai daerah yang berhasil mendorong peningkatan kualitas produk lokal UKM, semisal dari sisi pemasarannya.

Untuk tahun ini, lanjut Ambu Anne, Purwakarta meraih Natamukti kategori Nindya atau salah satu pemerintahan kabupaten/kota terbaik yang berhasil meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional maupun global. Raihan ini, juga karena sebelumnya Purwakarta mendapat penghargaan Natamukti tiga kali berturut-turut.

Sedangkan, untuk Natamukti Ganapravara itu diberikan bagi daerah yang bisa mempertahankan peringkat Natamukti Nindya selama lima kali berturut-turut. Adapun untuk Purwakarta sendiri, dalam tiga tahun berturut-turun ini mendapat penghargaan Natamukti. Daerah ini, dianggap berhasil mengembangkan sektor UMKM masyarakatnya.

Sementara itu, dalam tayangan virtual penyerahan penghargaan Natamukti 2021, Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki menuturkan, penghargaan Natamukti merupakan bentuk apresiasi dari kementerian kepada para kepala daerah yang selama ini dinilai konsisten mendorong perekonomian masyarakatnya melalui UKM.

“Ini merupakan ajang tahunan sebagai bentuk apresiasi dari kementerian,”jelas Menkop dan UKM RI, Teten Masduki.

( Diskominfo/jainul abidin )