DPRD Purwakarta Setujui APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021

Wakil Ketua DPRD Purwakarta, Hj. Neng Supartini, S.Ag (PKB) saat memimpin rapat paripurna sesi pandangan umum fraksi-fraksi didampingi Wakil Ketua DPRD, Sri Puji Utami (Gerindra)

“Diantaranya untuk terus memaksimalkan potensi-potensi pendapatan daerah melalui pajak oleh instansi terkait, agar dapat semaksimal mungkin pendapatan asli daerah ini digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan perekonomian masyarakat Kabupaten Purwakarta,” kata Teh Neng, begitu ia biasa disapa.

Sementara, dalam agenda paripurna lanjutan, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang didampingi Wakil Bupati, Aming menyampaikan jawaban dan penjelasan terhadap pandangan umum yang telah disampaikan masing-masing fraksi pada rapat paripurna DPRD sebelumnya.

Pada pandangan umum Fraksi Golkar; Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang telah berupaya dengan tanggap sistematis dan komprehensif dalam mengelola anggaran dan pelaksanaan penanganan covid-19. Pemerintah daerah akan terus mendorong optimalisasi pendapatan belanja daerah guna terciptanya kondisi ideal dalam proses pengelolaan keuangan daerah.

Sementara untuk pandangan umum Fraksi Partai Gerindra; Bupati menyampaikan terima kasih atas kepedulian terhadap alokasi belanja yang belum dianggarkan selama 12 bulan kedepan, Ini akan menjadi prioritas pemerintah dalam penyusunan APBD.

Lalu, untuk pandangan umum Fraksi PKB; Bupati menyampaikan sesuai arah kebijakan pembangunan yang menjadi prioritas yang akan direalisasikan, selanjutnya berkaitan dengan pendapatan asli daerah pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta sepakat masih bisa dioptimalkan dan berkomitmen akan terus menggali potensi baik dari sisi insetifikasi maupun eksentifikasi.

Kemudian, pada pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan; Bupati menyampaikan terima kasih atas perhatian dalam rancangan Perubahan APBD tahun 2021 ini, dan akan menjadi bahan masukan baik dalam sektor pendapatan maupun belanja daerah.

Dan untuk pandangan umum Fraksi PKS; Bupati menyampaikan sesuai rencana perubahan anggaran APBD tahun 2021 ini didasarkan dokumen perencanaan sebelumnya baik rencana kerja pemerintah daerah maupun nota kesepakatan tahun 2021, dan terima kasih atas dukungan dalam penanganan covid-19.

Kemudian untuk pandangan umum Fraksi Demokrasi Pembangunan Nasional; Bupati menyampaikan akan memprioritaskan atas kebijakan belanja-belanja yang menjadi arah kebijakan pemerintah daerah. Dan yang terakhir untuk pandangan umum Fraksi Berkarya Amanah Nurani (Berani); Bupati menyampaikan akan terus meningkatkan porsi belanja modal agar dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Purwakarta secara luas.

Kegiatan tersebut juga dihadiri secara langsung Sekda, Asda, Staf ahli, Kepala Perangkat Daerah dan Camat, Pejabat Eselon III dan IV yang mengikuti secara virtual. (Diskominfo Purwakarta/jainul abidin)