Guna Mencegah Penyebaran Covid-19 Setiap Kantor OPD Dilakukan Penyemprotan Disinfektan

“Pasukan pembersih sampah merupakan garda terdepan untuk kebersihan Purwakarta. Makanya, kami harus antisipasi supaya mereka tidak terpapar,” ujar Irfan, Jumat (18/6/2021).

Irfan menjelaskan, sebagai bagian dari upaya pencegahan corona ini pihaknya juga menerapkan SOP ketat kepada para petugasnya. Misalnya, dengan mewajibkan masker dan sarung tangan kepada mereka saat beraktifitas. Termasuk mewajibkan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. “Setelah masuk kandang, kita juga siapkan minuman bervitamin untuk mereka,” katanya.

Sementara itu, Kasie Penanganan dan Angkutan Persampahan pada Bidang Persampahan DLH Purwakarta, Anggoro Budiyanto menambahkan, pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk terlibat membantu petugasnya di masa pandemi Covid-19 ini. Caranya, dengan tidak membuang sampah medis sembarangan. Apa saja itu? Misalnya, tisu, masker medis sekali pakai dan sarung tangan sekali pakai.

“Kami harapkan juga kontribusi masyarakat. Dengan cara memilah sampah dari rumah, dapat mengurangi resiko penularan covid-19. Ini pun termasuk, upaya melindungi para petugas kebersihan dari terpapar virus. Mari bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus,” ujar Anggoro.

Anggoro juga berpesan kepada masyarakat yang menggunakan masker sekali pakai, untuk tidak langsung membuangnya ke tempat sampah. Cara bijak membuangnya, di antaranya dengan terlebih dahulu menyemprotkan cairan disinfektan dan menggunting beberapa bagiannya supaya tidak disalahgunakan.

“Digunting atau dibuat hancur dulu. Kemudian, pisahkan dengan sampah rumah tangga lainnya baru dibuang,” ujarnya. (Diskominfo Purwakarta)