Hari Jadi Purwakarta

Bupati Anne; Serapan APBD Purwakarta Capai 20 Persen Lebih Pada Kuartal Kedua 2021

  • Bagikan
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

TrendPurwakarta.com – Pemerintah pusat telah memproyeksikan ekonomi nasional bisa tumbuh di kisaran 7,1 persen pada kuartal kedua tahun 2021 ini.

Guna memenuhi target pertumbuhan ekonomi tersebut, pemerintah di setiap daerah diminta fokus pada langkah-langkah percepatan penyerapan APBD.

Terkait instruksi tersebut, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan penyerapan anggaran daerah ini. Anne merilis, hingga bulan Mei ini serapan APBD Purwakarta telah mencapai 20,20 persen.

“Hasil rapat percepatan realisasi APBD sudah lebih dari 20 persen. Alhamdulillah, angka penyerapan ini juga diapresiasi Pak Menteri Dalam Negeri,”ujar Anne, Rabu (26/5/2021).

Ia mengklaim, sejauh ini penyerapan atau realisasi belanja daerah yang bersumber dari APBD 2021 di wilayahnya cenderung sudah cukup baik. Pihaknya pun meyakini, hingga Juni mendatang penyerapan anggaran bisa di angka 30 persen. “Di akhir Juni, kita targetkan angkanya bisa naik di 30 persen,” ujarnya.

Anne menjelaskan, besaran APBD Purwakarta tahun 2021 ditetapkan Rp 2,3 triliun. Sejauh ini, serapan anggaran di masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga sudah berjalan cukup baik. Menurut Anne, sebenarnya dengan kondisi pandemi seperti ini angka penyerapan sebesar 20,20 persen hingga Mei ini bisa dibilang cukup baik.

“Memang bisa juga dikatakan rendah jika dibanding tahun sebelumnya, atau sebelum pandemi. Karena, penyerapannya pun rendah. Kenapa? Karena anggarannya fokus untuk penanggulangan Covid-19,” jelas dia.

  • Bagikan