Seabad Lebih Perjalanan Branwir

  • Bagikan
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan para pejabat Dinas Pemadam Kebakaran & PB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan para pejabat Dinas Damkar & PB

TrendPurwakarta.com – Sejarah Pemadam Kebakaran (Damkar) – dulu – dikenal dengan nama Branwir (Brandweer= bahasa Belanda) bermula pada tahun 1873, dimana terjadi kebakaran besar di Kramat Kwitang, Batavia.

Saat itu Residen Batavia (sekarang Gubernur DKI Jakarta) mengeluarkan peraturan (reglemet) pada tahun 1915 dengan nama Reglement op de Brandweer in de Afdeeling stad Vorsteden van Batavia.

Kejadian penting dalam sejarah organisasi Pemadam Kebakaran yang patut diingat adalah peristiwa diberikannya tanda penghargaan kepada Brandweer Batavia oleh mereka yang mengatasnamakan kelompok orang Betawi (Batavia).

Tanda penghargaan tersebut diberikan dalam bentuk prasasti tertanggal 1 Maret 1929, bertuliskan; Tanda Peringatan Brandweer Batavia 1919-1929. Tanda penghargaan tersebut diberikan sebagai wujud terimakasih atas darma bakti para petugas pemadam kebakaran.

Pencantuman angka 1919-1929 pada prasasti tersebut dianggap sebagai bukti otentik, maka kemudian tanggal 1 Maret 1919 ditetapkan sebagai tahun berdirinya organisasi Pemadam Kebakaran. Kini, organisasi itu bernama Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Tepat pada hari ini, Senin 1 Maret 2021, Damkar merayakan hari jadi ke-102 tahun.

  • Bagikan