Warga Purwakarta Diminta Siaga Bencana Longsor di Setiap Musim Penghujan

Tim BPBD Kab.Purwakarta berjibaku membersihkan longsoran tanah

TrendPurwakarta.com – Curah hujan yang tinggi memicu terjadinya longsor di beberapa titik di wilayah Kabupaten Purwakarta. Awal pekan kemarin, telah terjadi longsor di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari. Dalam satu hari, terjadi tiga kali longsoran di lokasi tersebut. Longsor pertama terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, kemudian pukul 16.30 dan 18.30 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor ini, hanya saja terdapat sejumlah korban dengan luka ringan. Beberapa diantaranya merupakan warga Karawang yang sedang berteduh di sebuah gubuk dan satu orang operator alat berat yang sedang membersihkan longsoran tanah,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Selasa (16/2/2021).

Meski begitu, lanjut Ambu Anne, musibah ini mengakibatkan tertutupnya akses jalan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Sukasari. Yaitu Desa Ciririp, Desa Sukasari dan Desa Parungbanteng.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat di sekitar lokasi bencana longsor, untuk tetap waspada dan bersiaga guna mengantisipasi adanya longsor susulan. Mengingat, saat ini curah hujan di wilayah Purwakarta masih tinggi,” ujarnya.