Pemkab Purwakarta Gelar Mitembeyan Tanam “Pohon Lame” Dalam Peringati Hari Tanam Pohon Sedunia

  • Bagikan
Bupati Purwakarta, Anne Ratna mustika

TrendPurwakarta.com- Fungsi pohon untuk planet ini berkisar dari penyimpanan karbon dan konservasi tanah hingga regulasi siklus air. Pohon menyokong sistem makanan alam dan manusia dan menyediakan rumah bagi spesies yang tak terhitung jumlahnya. Termasuk kita, melalui bahan bangunan.

Namun, kita sering memperlakukan pohon sebagai sesuatu yang dapat dibuang: sebagai sesuatu yang harus dipanen untuk keuntungan ekonomi atau sebagai ketidak nyamanan dalam hal pembangunan manusia.

Manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa oksigen diantara pengahasil oksigen adalah pohon. Pohon bisa mengolah makanannya sendiri berbeda dengan manusia yang menggantungkan hidupnya dari hewan dan tumbuhan. Oleh sebab itu agar kelangsungan hidup manusia di masa depan lebih terjamin, disarankan untuk selalu melakukan penghijauan. Terutama penghijauan di kota Penghijauan sangat diperlukan untuk bumi ini.

Bulan November yang selalu di jadi ajang peringatan Hari Pohon Sedunia dan untuk menghormati jasa-jasa pecinta alam yang giat mengampanyekan gerakan menanam pohon, J Sterling Morton. Setiap tanggal 21 November ditetapkan sebagai Hari Pohon Sedunia.

Peringatan hari tanam pohon tersebut untuk mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan mahluk hidup lainnya, memerangi pemanasan global, mencegah bencana alam, dan melindungi tempat hidup makhluk hidup di dunia. Karena pohon dianggap menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan berperan sangat penting untuk alam.

Berbicara soal pohon, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, dipimpin Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada hari Jumat 6 November 2020 lalu melakukan mitembeyan (memulai) penanaman pohon sampai nanti pada puncak hari tanam pohon sedunia pada 21 November. Mitembetan tanam pohon dilakukan di Jalan Purnawarman tak jauh dari Kantor Disporaparbud Purwakarta.

  • Bagikan