Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Purwakarta Lakukan Pemanfaatan Lahan Darat

  • Bagikan

TrendPurwakarta.com – Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dengan memaksimalkan produksi padi di masa pandemi Covid-19. Pemda Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) upayakan optimalisasi pemanfaatan lahan darat.

Pemerintah yang dipimpin oleh Bupati Anne Ratna Mustika itu tidak hanya mendorong pemaksimalan tanam lahan sawah dengan mekanisasi penyediaan air tetapi juga melalui upaya untuk memanfaatkan lahan kering, kebun dan lahan bekas tebangan melalui program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB).

Salah satunya seperti yang dilakukan di Desa Ciparungsari, Kecamatan Cibatu, pada Selasa 3 November 2020. Pemkab Purwakarta, melalui jajaran Dispangtan telah melaksanakan kegiatan pencanangan tanam padi gogo pada lahan bekas tebangan milik Perum Perhutani seluas 50 hektar.

Terkait hal di atas, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap program ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas padi. “Kami harap para petani bisa memaksimalkan bantuan yang ada sehingga produksi padi di Kabupaten Purwakarta terus meningkat. Dengan begitu petani juga semakin sejahtera,” kata Anne, seraya mengatakan hal tersebut juga untuk memastikan tetap terjaganya ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini.

Menurutnya, Pemda Purwakarta menargetkan program PATB ini dengan luas lahan 225 hektar dengan rata-rata produktifitas lahan kering sebesar 4 ton per hektar. “Dengan program ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi beras sebesar 432 ton beras. Sebelumnya, berdasarkan data realisasi tanam pada masa tanam Oktober 2019 – September 2020 telah berhasil ditanam seluas 40.800 hektar dengan perkiraan dapat menghasilkan kurang lebih 137.035 ton beras,” tuturnya.

  • Bagikan