Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Purwakarta Lakukan Pemanfaatan Lahan Darat

“Alhamdulillah, kami bersyukur Kabupaten Purwakarta mendapat alokasi program PATB dari Kementan RI, tentu program ini kita sambut baik dan petani di Purwakarta siap untuk melaksanakan program tersebut,” kata Agus.

Menurutnya, program PATB di Kabupaten Purwakarta sebagian besar dilaksanakan di lahan bukaan baru milik Perum Perhutani dan dengan luasan yang potensial. “Kami optimis akan menambah potensi luas tambah tanam khususnya pada musim tanam Oktober – Maret 2020/2021 dan tentu akan mampu meningkatkan produksi padi secara nyata,” kata Agus.

Dengan memperhatikan luas tambah tanam padi pada tahun 2020 sampai akhir bulan Oktober yang mencapai 34.543 hektar dengan luas tambah panen pada periode yang sama seluas 37.927 hektar pihaknya optimis luas tanam dan luas panen sampai akhir tahun akan memenuhi target luas tanam dan luas panen lebih dari 40.000 hektar seperti yang diisyaratkan Bupati Purwakarta.

Di sisi lain, Ketua Gapoktan Sinar Tani Ciparungsari, Adung Koswara mengatakan, kelompok tani yang dia pimpin merupakan gabungan dari tiga kelompok tani di Desa Ciparungsari. Dalam kelompok tersebut terdapat 95 petani yang menerima bantuan dalam program PATB ini.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah yang telah memberi bantuan berupa benih, pupuk hayati dan NPK.

“Sebelumnya, lahan sawah di desa kami ada sekitar 364 hektar. Pada tahun ini kami dari gapoktan sangat bersyukur atas bantuan program yang telah dialokasikan ke wilayah ini. Bantuan PATB berupa lahan kering seluas 50 hektar di lahan bekas tebangan milik Perum Perhutan. Dengan bantuan ini besar harapan kami untuk bisa meningkatkan ketersediaan bahan pangan terutama beras,” ujar Kang Adung. (001)