Bupati Purwakarta Dorong Pemulihan Ekonomi Masyarakat Purwakarta

TrendPurwakarta.com –  Bupati Purwakarta terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi, akibat pandemi Covid-19. Khususnya masyarakat Purwakarta yang selama ini bergelut di sektor UMKM.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 saat ini sangat berpengaruh buruk diseluruh sektor, terutama sektor perekonomian.

“Geliat UMKM di kita, selama ini menunjukan trend yang sangat positif. Ini yang harus terus kita dorong, karena secara tidak langsung turut membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” ujar Anne dalam kegiatan pelatihan UMKM di aula Janaka, Sekretariat Pemerintah kabupaten Purwakarta, Kamis (23/07/2020).

Anne menjelaskan, menurut data dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta, ada lebih dari 8.000 pelaku UMKM di Purwakarta. Para pelaku usaha ini, tersebar di hampir seluruh desa di 17 kecamatan, yang mayoritas, UMKM ini begerak di sektor makanan dan minuman.

Baca Juga:  Peringatan HUT RI ke-76: Rapatkan Barisan, Kobarkan Semangat Juang Tangani Pandemi

Menurut Anne, dalam hal ini pemerintah memiliki tanggung jawab untuk kembali mendorong mereka untuk kembali bangkit, salah satunya membantu dalam hal pemasaran. Saat ini, sebagian produk UMKM yang dihasilkan para pelaku usaha di wilayannya sudah merambah galeri ataupun outlet oleh-oleh.

Ia berpesan, para pelaku UMKM ini harus lebih memperhatikan produknya, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Menurutnya, ada tiga syarat utama yang harus diperhatikan. Yakni, soal kualitas produk, kuantitas produksi dan pengemasan.

Saat ini pihaknya mendapat tawaran kerjasama dari perusahaan minimarket. Yakni, PT Indomarco Prismatama. Perusahaan tersebut, saat ini turut mendukung sektor UMKM di Purwakarta. Yaitu, dengan melakukan pelatihan para pelaku UMKM.