Ini Tanggapan Ketua Harian GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta Soal Bertambahnya Pasien Positif

  • Bagikan
Ketua Harian GUgus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

TrendPurwakarta.com – Beberapa hari belakangan ini, masyarakat di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dibuat bertanya-tanya soal peningkatan penderita covid-19 yang terus beranjak naik jumlahnya baik yang postif, Orang Tanpa Gejala, (OTG), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Padahal, beberapa pekan lalu, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta melalui juru bicaranya (jubir), dr. Deni Darmawan dinyatakan pasien yang positif covid-19 sudah nihil alias sembuh semua. Namun, setelah Pemda Purwakarta mendapat bantuan peralatan swab, justru semua tingkatan penderita covid-19 terus bertambah.

Sampai hari Rabu (15/7/2020) lalu saja, jubir GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat sudah ada tujuh orang yang positif menderita penyakit korona. Dan hari ini, Kamis (16/7/2020) jubir GTPP covid-19 kembali melansir ada penambahan pada yang berstatus ODP dan PDP, masing-masing sebangak satu orang.

“Kini, jumah warga yang berstatus ODP ada 9 orang dan PDP ada 6 orang. Untuk yang terkonfirmasi positif tetap 7 orang dan OTG tetap 88 orang,” kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr.Deni Darmawan, melalui rilisnya yang diterima redaksi trendpurwakarta.com, Kamis (16/7/2020).

dr. Deni juga mengatakan secara kumulatif jumlah warga yang terkonfirmasi positif di wilayah Kabupaten Purwakarta ada sebanyak 38 orang.

“Secara keseluruhan, telah dinyatakan sembuh sebanyak 30 orang. Sebelumnya, kami catat juga ada 1 orang yang positif telah meninggal dunia, dan hari ini, masih terdapat 7 orang yang berstatus terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Dia meminta masyarakat untuk tetap melakukan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap altivitas. Pasalnya, diperlukan peran semua pihak untuk secara bersama-sama melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas harus terus dilakukan. Jangan lupa pakai masker dan tetap menjaga jarak,”tuturnya.

Ia juga mengingatkan, meski saat ini sudah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, namun masyarakat harus tetap waspada karena virus ini mungkin masih berada dekat disekitar kita.

“Tetap mengikuti protokol kesehatan, dan selalu memakai masker ketika beraktifitas diluar rumah. Dengan begitu, setidaknya kita akan melindungi diri sendiri dari paparan covid-19,”demikian dr.Deni Darmawan.

Menanggapi ada kenaikan penderita positif covid-19, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Drs. H. Iyus Permana, MM yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta itu mengakui hal tersebut.

“Ya justru karena kita sdh punya alat swab sendiri, dan kemudian tes swab masif per hari bisa mencapai 1000 orang, jadi pasti ada atau ditemukan yg positif, tapi kan persentasenya sangat kecil,”kata H. Iyus Permana melalui saluran selularnya menjawab kekhawatiran masyarakat atas peningkatan ditemukannya penderita baru covid-19, Kamis (16/7/2020).

Ketua Harian GTPP Covid-19 Kabupaten Purwakarta, H. Iyus juga mengakui soal masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat mematuhi aturan dan anjuran dari pemerintah mengenai menjaga diri dan pola hidup masyarakat. “Ya diantaranya faktor disiplin yg msh rendah. Untuk itu, kami (GTPP Covid-19-red) menghimbau agar masyarakat selalu mematuhi dan selalu melaksanakan protokol kesehatan,”himbau Sekda Purwakarta, Drs. H. Iyus Permana, MM. (001)

Area lampiran
  • Bagikan