Pj. Bupati Purwakarta Pada Pelantikan Pimpinan DPRD: Peran dan Kinerja DPRD Yang Totalitas Untuk Pengabdian Kepada Masyarakat

Pj. Bupati Purwakarta, Benni Irwan saat menyampaikan sambutan pada pelantikan pimpinan DPRD Purwakarta

Benni menuturkan, dengan telah diselenggarakannya pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta periode 2024-2029 yang mengandung makna yuridis konstitusional ini, maka lengkap sudah unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“Hal ini menggambarkan bahwa pemerintah dan DPRD merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh sebagaimana pelaksana pemerintahan daerah yang bersinergi. Saya ulangi sebagai pelaksana pemerintahan daerah yang bersinergi dalam merealisasikan harapan dan aspirasi masyarakat sebagai pemilik kedaulatan,” jelas Benni.

Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Purwakarta, Benni menyampaikan ucapan terima kasih Atas pengabdian pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta masa jabatan 2019-2024, sekaligus mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta Masa Jabatan 2024-2029 yang baru saja dilantik.

Dengan pimpinan yang baru, Benni berkeyakinan dan berharap kinerja DPRD Purwakarta dapat semakin dinamis. “Kontrol dari legislatif juga sangat kami harapkan agar pelaksanaan pembangunan dan jalannya pemerintahan di Kabupaten Purwakarta tetap on the right track. Dengan komitmen yang kuat Kita semua harus optimis Kabupaten Purwakarta dapat mencapai visi Purwakarta maju, mandiri, dan berkelanjutan di 2045, sejalan dengan cita-cita Indonesia Emas 2045,” kata Benni Irwan.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta Sri Puji Utami mengaku bersyukur hari ini pimpinan devinitif telah diresmikan. Adapun hal pertama yang akan dilakukan DPRD Kabupaten Purwakarta usai memiliki pimpinan devinitif yakni akan melaksanakan rapat pimpinan fraksi. “Pertama yang akan kita lakukan mengadakan rapat pimpinan fraksi untuk pembentukan Alat Kelengkapan Dewan atau AKD,” kata Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta Sri Puji Utami, Rabu 25 September 2024.

Puji menjelaskan, pembentukan AKD sangat penting untuk melakukan pembahasan hingga pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2024. “Pembahasan APBD Perubahan harus tuntas akhir bulan September ini, dan kita masih ada waktu 5 hari ke depan untuk bisa mendapatkan keputusan bersama terkait APBD Perubahan,” ucap Puji.

Diketahui, pengucapan sumpah/janji tiga pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta dipimpinan oleh Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta Darma Indo Damanik. Peresmian tiga pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta dihadiri langsung Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan, Forkompimda, Sekda Purwakarta Norman Nugraha, pejabat di lingkup Pemkab Purwakarta serta tamu undangan lainnya.

Peresmian tiga pimpinan DPRD ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 171.2/Kep.520-Pemotda/2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta masa jabatan tahun 2024-2029, tertanggal 20 September 2024. (jainul abidin/hms)