Plt. Kaban Kesbangpol Purwakarta; Dulu Kesbangpol Statusnya Masih Eselon III Sekarang Naik Jadi Eselon II

kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Purwakarta

TrendPurwakarta.com – Pj. Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Benni Irwan pada tanggal 3 Juli 2024 lalu melakukan Rotasi, Mutasi dan Promosi jabatan terhadap pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Ternyata, dampak Rotasi, Mutasi dan Promosi itu masih menyisakan pertanyaan dikalangan masyarakat mengingat ada seorang pejabat seolah “diturunkan” pangkatnya dari Kepala Badan menjadi Sekretaris Badan.

“Ini yang perlu dijelaskan sebagai literasi dan juga edukasi kepada masyarakat bahwasanya didalam organisasi pemerintah daerah, perubahan struktur organisasi, kemudian tata laksana, itu adalah hal yang wajar. Sehubungan Badan Kesbangpol itu ada perubahan secara aturan dari Perda nomor 9 tahun 2016 dimana status pejabat Kepala Badan saat itu dijabat oleh pejabat Eslon III A (setingkat Kabag, Sekretaris Badan, Sekretaris Dinas, Camat-red). Kemudian terbit Perda nomor 1 tahun 2024, Badan Kesbangpol naik statusnya menjadi eselon II B, maka jabatan itu harus dijabat oleh pejabat eselon II, “kata Plt. Kepala Badan Kesbangpol, Yus Djunaedi Rusli, S.STP.,Msi. kepada wartawan media ini di kantornya, Kamis 29 Agustus 2024.

Menurut Plt. Kepala Badan Kesbangpol, Yus Djunaedi Rusli, S.STP, jabatan definitif yang disandangnya saat ini memang sebagai Sekretaris Badan Kesbangpol, mengingat jabatan Sekretaris Badan itu dijabat oleh pejabat eselon III A. Sedangkan jabatan Kepala Badan Kesbangpol berdasarkan Perda nomor 1 tahun 2024 harus dijabat oleh pejabat eslon II.

“Jadi sebenarnya, saya itu tidak turun pangkat atau jabatan. Masih tetap pejabat eselon III A, hanya sebutannya saja. Kalau dulu sebelum perubahan Perda dipanggil dengan sebutan Kaban Kesbangpol, sekarang Sekban (Sekretaris Badan) Kesbangpol. Tapi kan Alhamdulillah saya dipercaya merangkap jabatan pegang jabatan Plt. Kepala Badan Kesbangpol. Sebutannya masih Kaban juga walaupun Plt,”kata Plt. Kepala Kesbangpol Yus Junaedi sambil berseloroh.

Berikut struktur jabatan di Badan Kesbangpol Purwakarta;

Kepala Badan Kesbangpol defitif masih kosong. Jabatan Kaban Kesbangpol dijabat oleh Yus Djunaedi Rusli, S.STP., Msi sebagai Plt. Kepala Badan Kesbangpol.