Pemkab Purwakarta Siapkan Langkah Strategis Guna Menekan Angka Pengangguran

Kadisnakertrans Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Didi Garnadi

Kadisnakertrans menerangkan,  selain menyelenggarakan job fair, pihaknya juga menggelar berbagai pelatihan keterampilan bagi masyarakat angkatan kerja, sehingga memiliki kompetensi yang diperlukan menghadapi dunia kerja.

“Program pelatihan bagi angkatan kerja sangat penting agar mereka memiliki kemampuan dan semangat dalam mengembangkan wirausaha sehingga mampu membuka lapangan usaha sendiri,” ujar Didi.

Pelatihan bagi calon tenaga kerja itu juga dilakukan untuk meningkatkan kompetensi meliputi berbagai jenis keterampilan berbagai sektor usaha.

Menurut Didi, program pelatihan juga dimaksudkan agar para tenaga kerja memiliki kompetensi yang disertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sertifikasi tenaga kerja menjadi salah satu instrumen penting dalam memperkuat kualitas dan daya saing tenaga kerja yang ada di Purwakarta, hal ini juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan para pekerja itu sendiri,” ujar Didi.

Didi mengungkapkan, sepanjang tahun 2023 Disnakertrans Purwakarta telah menggelar 19 kali pelatihan dengan melibatkan peserta 639 orang.

Program pelatihan tersebut meliputi keterampilan menjahit, tata rias kecantikan, budidaya hortikultura, pelatihan digital marketing, instalasi listrik, pelatihan bidang kuliner, pelatihan keterampilan otomotif, operator kendaraan berat dan berbagai pelatihan lainnya.

Melalui program pelatihan itu, para calon pencari kerja akan punya keahlian atau kompetensi yang sudah disertifikasi. Mereka nanti akan siap bersaing diberbagai bidang pekerjaan.

“Melalui program pelatihan itu juga kita bangun semangat wirausaha sehingga mereka bisa mengembangkan usaha mandiri. Jiwa kewirausahaan penting kami kembangkan agar muncul calon pengusaha-pengusaha yang handal,” kata Didi Garnadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono mengungkapkan, langkah strategis menekan angka pengangguran itu mendapatkan dukungan penuh Penjabat (Pj) Bupati Benni Irwan.

“Semua langkah dan kerja keras jajaran Disnakertrans Purwakarta untuk terus menekan angka pengangguran itu mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh Pj Bupati. Menurutnya, semua potensi harus didayagunakan agar berbagai peluang kerja bisa dimanfaatkan masyarakat Purwakarta,” kata Rudi Hartono. (jainul abidin)