Kuliner Sate Maranggi dari Purwakarta Sudah Melanglang Buana di Berbagai Negara Amerika dan Timteng

Salah satu panganan kuliner khas Kabupaten Purwakarta, Sate Maranggi (Foto: istimewa)

Sebut saja negara super power Amerika mengenal yang namanya panganan Sate ini. Sebab, pernah disebut-sebut oleh Barack Obama, mantan presiden adidaya Amerika Serikat.

Penyebab lain terkenalnya sate maranggi di mancanegara salah satunya adalah ketika sate maranggi diperkenalkan di Markas Besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) oleh mantan Bupati Purwakarta saat itu, Dedi Mulyadi yang diundang oleh majlis Dewan Keamanan (DK) PBB untuk memperkenalkan budaya Sunda.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Dedi Mulyadi untuk memperkenalkan salah satu panganan kuliner khas Purwakarta, Sate Maranggi di benua Amerika.

“Saya pernah bertemu dengan Ambu Anne (Bupati Purwakarta priode 2018-2023). Beliau bilang bahwa produksi Sate Marangi saya pernah dibawa pak Dedi Mulyadi saat jadi Bupati ke Amerika untuk diperkenalkan disana,”kata pemilik sate kemasan frozen, Rina ketika ditemui di kediamannya dilingkungan perum kapling Pemda, jl. Raya Sadang-Subang.

Pengusaha UKM binaan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) ini mengaku menggunakan bahan baku pilihan khusus agar daging yang dikemasnya dalam kemasan tidak berubah rasa dan kualitas.

Kabid UKM pada DKUPP, Ahmad Nizar ketika ditemui dikantornya, merasa bangga dengan adanya pelaku UKM di Purwakarta bisa dikenal diberbagai negara. “Kebanggaan kami selain bisa membina pelaku usaha UKM juga membawa nama Kabupaten Purwakarta terkenal di berbagai negara,”kata Ahmad Nizar. (jainul abidin)