Anggota Banggar Pada Rapat Pembahasan RAPBD TA 2022 Bikin Sejumlah OPD Nyaris Frustasi

Ketua Banggar, H. Ahmad Sanusi, SM.(pakai batik), wakil ketua, Warseno SE dan Wakil Ketua Sri Puji Utami.

Dan, para anggota Banggar (Badan Anggaran) DPRD Kabupaten Purwakarta kian sengit dan kritis ketika anggaran yang diajukan Diskominfo ada anggaran yang tumpeng tindih dan belanja barang dianggap anggota Banggar ada yang tidak rasional.

“Saya berharap anggaran yang diajukan bukan hanya semangat efisiensi, tapi harus juga semangat rasionalisasi,”kata Ketua fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hidayat, S.Th.I. Statemen dari ketua fraksi PKB seperti menyulut sumbu.

Ketua fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Dedi Juhari ketika mendapat kesempatan bicara langsung mengingatkan kepala Diskominfo, Siti Ida Hamidah.

“Seizin pimpinan, seperti yang disampaikan Bupati pada pengantar nota keuangan rancangan anggaran tahun 2022 salah satunya adalah meningkatkan penyelenggaraan Good Governance sehingga tercipatanya tatakelola yang bersih. Dan itu jangan hanya slogan saja,”kata Dedi Juhari mengingatkan.

Tak ketinggalan Ketua fraksi Gerindra, Zusyef Gusmawan ikut mencecar Kepala Diskominfo, Siti Ida Hamidah sehingga Kepala Diskominfo nampak frustasi menghadapi gempuran yang tak terduga dengan mempreteli anggaran per-item, bahkan pada hal yang sepele seperti pembelian bohlam lampu.

“Apa masalahnya sehingga anggaran belanja bohlam lampu sebesar ini. Apa setiap hari harus ganti lampu?,”sergap Zusyef.

Kadis Kominfo, Siti Ida Hamidah pun meminta waktu untuk memperbaiki kesalahan entry data dan perbaikan lainnya.

Rapat dilanjutkan dengan Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat Desa (DPMD), Jaya Pranolo. Sengitnya perdebatan dengan Kepala DPMD tak kalah seru sebagaimana dengan OPD lainnya. Bahkan ketua fraksi PKB, Hidayat tidak yakin hasil rapat Banggar akan dilaksanakan oleh DPMD.

Tersisa 2 OPD yang belum memberi pemaparan, namun waktu sudah menunjukan pukul 2.30 WIB pagi. Akhirnya, atas persetujuan anggota Banggar, Ketua Banggar yang memimpin rapat menutup rapat dan akan dilanjutkan pagi ini, Selasa (30/11/2021) dengan Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Dinas Lingkungan Hidup.

Rapat Banggar dihadiri Ketua, H. Ahmad Sanusi, SM., Wakil Ketua, Sri Puji Utami dan Wakil Ketua, Warseno SE dengan anggota Banggar yang hadir antara lain, Dedi Juhari (PKS), Dedi Sutardi (PKS), Hidayat, S.Th.I (PKB), Ceceng Abdul Qodir (PKB), Zusyef Gusmawan (Gerindra), Rifky Fauzi (Gerindra), Said Ali Azmi (Gerindra), Devi Mutiara (Nasdem)  dan Yulian Irsyafri dari partai Golkar dan Sekretaris DPRD Purwakarta, Drs.H. Suhandi, M.Si., Kabag Risdang, Ari Syamsurizal dan para Kasubag di Sekreatriat DPRD. (jainul abidin)