Tahun Ini Pemkab Purwakarta Targetkan Nilai Investasi di Angka 65 Triliun

Sedangkan untuk 2020 kemarin, lanjut dia, hingga akhir tahun realisasi investasi Purwakarta sudah di angka Rp 69 triliun dari nilai target Rp 60 triliun. Rata-rata, kenaikan per tahunnya di angka 11 persen. Salah satu faktor yang mendongkrak kenaikan realisasi investasi ini yakni juga setelah adanya pembangunan Kawasan Industri Multi Optima Sejahtera (KIMOS). “Kita membuka kawasan industri baru. Lokasinya, berada di Kecamatan Babakan Cikao,” kata dia.

Terkait luas lahan untuk kebutuhan KIMOS ini, mencapai 1.200 hektare. KIMOS ini, meliputi empat desa di Kecamatan Babakan Cikao. Di antaranya, Desa Hegarmanah, Babakan Cikao, Mulyamekar dan Cigelam.

Kawasan industri baru ini, sambung dia, rencananya mampu menampung sekitar 500 perusahaan. Estimasinya, satu perusahaan membutuhkan minimal satu hektare lahan dan sisa lahan lainnya untuk sarana prasarana penunjang kawasan tersebut. Sedangkan, untuk penyerapan tenaga kerjanya, dibutuhkan lebih dari 100 ribu jiwa.

“Purwakarta diuntungkan dengan adanya kawasan industri baru ini. Meskipun, perusahaan yang akan berdiri di kawasan itu, mayoritas merupakan perusahan padat modal,” demikian Muchamad Nurcahya. (001)