Hari Jadi Purwakarta

Kado Akhir Tahun, Purwakarta Raih Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

  • Bagikan
Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Budiman Sujatmiko

TrendPurwakarta.com – Kabupaten Purwakarta, sabet penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Bupati Purwakarta, Ambu Anne Ratna Mustika, mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi negara kepada seluruh warga Purwakarta terutama kepada para pegiat seni, adat istiadat, dan kebudayaan.

“Tentu penghargaan ini bukan untuk diri saya sebagai bupati, penghargaan ini merupakan bentuk penghormatan dari negara kepada seluruh warga Purwakarta terutama terhadap adat-istiadatnya, kebudayaannya, keseniannya dan juga hal-hal lain termasuk dengan kekayaan alamnya,” ujar Ambu Anne dalam acara Penyerahan AKI 2020, belum lama ini.

Penghargaan ini, lanjut Ambu Anne RM, merupakan hasil dari kolaborasi dan sinergitas yang baik antara insan kebudayaan yang dikoordinasi oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta.

“Penghargaan ini merupakan kolaborasi bagi seluruh insan kebudayaan, insan seni, dan juga kepada yang mengoordinasikan yakni Disporaparbud Kabupaten Purwakarta yang mengkolaborasi dan menyinergikan, supaya kebudayaan-kebudayaan, kesenian-kesenian, adat-istiadat, dan sebagainya, diramu menjadi sesuatu yang bisa dihadirkan untuk memperkuat pariwisata Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK) Kemendikbud RI, Judi Wahjudin, mengatakan, untuk tahun 2020, usulan yang masuk terkait AKI ini ada sebanyak 331 Pemerintah Daerah (Pemda).

“Untuk tahun 2020, meskipun dalam masa pandemi, usulan yang masuk ada 331. Pemda yang mengusulkan yang lengkap dan terverifikasi hanya 5 Pemda dan Alhamdulillah Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu penerima Anugrah Kebudayaan Indonesia. Jadi anugrah ini sesuai dengan keputusan Mendikbud No.1024/T/2020 tentang Penerima Anugrah Kebudayaan Indonesia 2020 dan ditetapkan pada tanggal 23 November 2020, Kabupaten Purwakarta Alhamdulillah menerima penghargaan tersebut,” kata Judi.

  • Bagikan