Covid-19 Purwakarta Fluktuatif Sembuh Satu Positif satu

TRENDPURWAKARTA.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Purwakarta mencatat, terjadi penambahan pada warga yang terpapar Covid-19 di wilayah tersebut sebanyak satu orang. Namun, dihari yang sama juga terdapat pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak satu orang.

“Hari ini, terjadi penambahan warga yang berstatus positif satu orang, dan sembuh satu orang. Kini jumlah nya menjadi 10 orang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Deni Darmawan, Rabu (29/7/2020).

Sementara, terjadi pengurangan pada warga yang berstatus ODP sebanyak 1 orang dan PDP sebanyak 2 orang. Untuk OTG jumlahnya bertambah sebanyak 15 orang. “Kini, jumlah ODP hanya 1 orang, PDP 5 orang dan OTG 39 orang,” kata dr.Deni.

Pihaknya juga tak bosan meminta agar masyarakat tetap waspada dan tetap menjalankan anjuran pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi ini.

Menurutnya, penambahan pasien positif yang terjadi di Purwakarta ini karena beberapa hal, seperti tak diberlakukannya lagi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), protokol kesehatan terkadang kurang dipatuhi, dan masifnya pemeriksaan swab tes.

“Kami tak henti-hentinya terus menyosialisasikan warga untuk patuhi protokol kesehatan, karena pandemi ini masih belum selesai,” ujarnya.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Dinkes Purwakarta untuk menghadapi situasi ini, dr.Deni menyebutkan melalui pelacakan yang efektif, pelaksanaan manajemen klinis sesuai Permenkes nomor 413 tahun 2020, dan berkoordinasi dengan tim Covid-19 pusat juga provinsi.