Survey LSI; Elektabilitas Paslon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Zein-Jo Masih Nomor 1

Merujuk pada dua data elektabilitas personal dalam survei LSI Denny JA yang dilakukan bulan Juni 2024, Anne Ratna Mustika masih memimpin dengan 32,7% dan Om Zein di angka 27,7%. Namun, tren mantan istri Dedi Mulyadi itu terus pada survei yang dilakukan bulan September 2024 menjadi 29,3% yang kemudian turun lagi menjadi 22,7%>

Data yang sebaliknya, kata Toto, justru terjadi pada elektabilitas Om Zein. Apalagi, dalam simulasi pasangan yang membuat Om Zein – Abang Ijo makin melesat. Yaitu, dari sebelumnya, 53,4% (September 2024) naik menjadi 54,5%. Meskipun, kenaikannya masih dalam margin of error, tapi jarak elektabilitas dengan Anne – Budi cukup jauh.

“Memang harus diakui, ada sumbangan wakil dari Om Zein, yaitu Abang Ijo yang punya elektabilitas personalnya tertinggi sebagai wakil, 64,6%. Bandingkan dengan tiga calon wakil lainnya, Pipin 19,3%, Budi Hermawan 7,3% dan Sona Maulida 1,1%. Dari elektabilitas tiga calon wakil itu, yang terjadi justru menurunkan, tidak menaikan,” ungkapnya.

Toto juga menuturkan, peluang menang yang terbuka untuk Om Zein dan Abang Ijo didapat dari tingginya dukungan strong supporter (pemilih militan dengan pilihan mantap) sebesar 38,0%. Angka itu dinilai cukup tinggi sebagai modal penting untuk memenangkan Pilkada.

Kendati demikian, Toto mengingatkan bahwa diluar modal strong supporter yang sudah dimiliki, Om Zein dan Abang Ijo harus tetap waspada mengingat angka pemilih yang masuk dalam kategori soft supporter sebesar 37,3%.

Ia menjelaskan, soft supporter itu adalah pemilih cair dengan kategori yang sudah punya pilihan tapi bisa berubah, dan belum punya pilihan sama sekali. Gabungan dua kategori pemilih cair itulah yang selalu disebut lahan tak bertuan. Yaitu, pemilih yang masih bisa diperebutkan oleh siapa saja.(jainul abidin)