Ribuan Emak-emak Kader KB Kumpul di GOR Purnawarman Ikut Jambore IMP

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (nomor 2 dari kiri) dan Kepala Dinas PPKB, H. Yayat Hidayat (paling kanan)

TrendPurwakarta.com – Sekitar 1.200 Kader Keluarga Berencana (KB) yang terdiri dari petugas Pos KB, Sub Pos KB, Kelompok KB hingga Tim Pendamping Keluarga (TPK) se-Kabupaten Purwakarta ikuti Jambore Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) di GOR Purnawarman, Senin 29 Mei 2023.

Acara yang diisi dengan sejumlah perlombaan antar kader KB itu rencananya akan digelar selama dua hari. Selain, perlombaan seni dan budaya, pada acara yang digagas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta juga tampak dipamerkan sejumlah prodak UMKM hasil olahan para kader.

Dari Kanan; Sekda Norman Nugraha, Kadiskominfo Rudi Hartono, Kepala DPPKB Yayat Hidayat, Kepala Dinas Pangtan Sri Jaya Midan dan Kadinkes dr. Deni Darmawan

Dalam sambutannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan, kedudukan dan peran Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam pembangunan KB di Indonesia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Dengan dirintisnya pola pembinaan peserta KB atau akseptor yang melibatkan masyarakat sebagai pelaksana, IMP telah menunjukkkan eksistensi dan peran baktinya dalam menunjang kesuksesan program KB Nasional.

“Ini Jambore IMP yang pertama, tempat berbagi, berkumpul dan berdiskusi berbagai hal bagi para kader KB. Kedepan ini akan menjadi agenda rutin Pemkab Purwakarta. Selain itu, dalam waktu dekat ini kita juga akan menggelar Jambore Kormi dan Jambore Kader Pos Yandu,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, sudah sejak lama peran kader IMP sangatlah penting dan menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan untuk tetap dapat mempertahankan keberhasilan program KB. Tanpa kader IMP, program KB dipastikan tidak dapat berjalan dan tidak mampu mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai.