Pemkab Purwakarta Dorong Digitalisasi UMKM

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama seorang pelaku usaha UMKM di Purwakarta

Hal ini menjadi peluang bagi pemerintan yang saat ini tengah fokus pada upaya pemulihan ekonomi. Khususnya mereka yang selama ini bergelut di sektor UMKM. Salah satunya, dengan terus memberi support supaya mereka bisa kembali bangkit.

“Geliat UMKM di kita, selama ini menunjukan trend yang sangat positif. Ini yang harus terus kita dorong, karena secara tidak langsung akan turut membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata dia.

Sejauh ini, jajarannya juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu dengan pihak swasta maupun BUMN untuk mengembangkan UMKM. Adapun kerjasama ini, bertujuan agar UMKM dapat naik kelas dan mampu bersaing dengan produk dari luar daerah.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta, Karliati Juanda dalam keterangannya mengatakan, pihaknya telah mengumumkan pembukaan pendaftaran Pendidikan dan pelatihan digitalpreneur bagi pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Menurutnya, program ini akan diikuti oleh 750 pelaku UMKM yang terpilih dari 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Pendidikan dan pelatihan digitalpreneur ini akan membahas berbagai topik penting dalam ekonomi digital, termasuk broadcasting, bisnis e-commerce, digitalisasi konten, e-learning, dan bisnis afiliasi.

“Program ini untuk membantu para pelaku UMKM di Purwakarta untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pelaku usaha dalam bidang digital dan memperluas jangkauan bisnis. Ini juga bagian dari upaya kami untuk menciptakan Wirausaha Baru (WUB) Digitalpreneur menjadi naik kelas di Kabupaten Purwakarta,” kata Karlianti.

Ia juga berharap agar para pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta, tidak melewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan digital dan mengembangkan bisnis.

Diketahui, Pendaftarannya Pelatihan Digitalpreneur telah dibuka sejak 01 hingga 30 Mei 2023 mendatang. Dengan peserta terbatas hanya untuk 750 orang.

Untuk persyaratan diantaranya, peserta berasal dari 17 kecamatan wilayah Kabupaten Purwakarta. 750 peserta terdiri dari 5 orang peserta per WUB (Wirausaha Baru). Kemudian usia calon peserta 20 sampai 45 tahun. Untuk pendaftaran calon peserta bisa melakukan scan barcode di akun Instagram DKUPP Kabupaten Purwakarta @dkupppurwakarta atau Instragram Diskominfo Purwakarta @diskominfopwk. (ADV)