Bupati Anne: Bantu Percepatan Pembangunan Purwakarta, Peran TNI Sangat Vital Dan Strategis

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menyambut kunjungan kerja Pangdan III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo

Dalam penyelenggaraan pelayanan publik, Bupati juga menyampaikan terima kasihnya atas bantuan jajaran TNI. Menurut Bupati Anne pelayanan publik dilakukan dengan cara jemput bola hingga ke desa-desa.

Pelayanan Jemput Bola

“Pelayanan publik jemput bola merupakan program rutin yang di gelar setiap hari Jum’at. Ada pun pelayanan tersebut meliputi pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK)  Akta Kelahiran, Akta Kematian, pelayanan Keluarga Berencan (KB) dan lain sebagainya,” kata Anne Ratna Mustika.

Selain jemput bola ke desa-desa, langkah penyelenggaran pelayanan publik juga dilakukan secara terpusat disatu tempat melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) Madukara, yang memberikan sekitar 639 pelayanan dalam 1 tempat.

“Jadi program kami itu ada yang jemput bola ke desa-desa, dan juga ada yang terintegrasi dalam satu tempat. Selama penyelanggaraan pelayanan publik, jajaran TNI juga banyak membantu kita. Terima kasih kami yang tak terhingga kepada jajaran TNI ,” kata Bupati Anne.

Sementara itu, menurut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief, kehadiran TNI di Purwakarta untuk memastikan keberadaan jajaranya harus di rasakan oleh masyarakat. Selain menciptakan rasa aman dan nyaman, juga harus membantu pemerintah daerah melayani masyarakat.

“Keberadaan kita harus bisa membantu mempercepat pembangunan dan pelayanan yang menjadi program ibu Bupati, bukan sebaliknya. Dari awal kenapa kunjungan saya tidak mau formal, karena saya lebih senang berbaur langsung dengan masyarakat, ujar Pangdam..

Pangdam mengatakan, koordinasi dan komunikasi yang baik serta harmonisasi berbagai sektor akan menciptakan kondisi sosial yang baik untuk pelaksanaan pembangunan daerah. Termasuk, dalam pembangunan sumber daya manusia yang sangatlah penting bagi masa depan bangsa Indonesia..

“Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh daerah itu tujuannya untuk membentuk sumber daya manusia yang maju. Pembangunan di daerah akan sangat membantu Pemerintah Pusat, jadi kita semua harus bersinergi dan berjalan bersama-sama membangun bangsa,” kata Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. (jainul abidin/hms)