Kuliner Sate Maranggi Menjuarai Jumlah Pengunjung Selama Lebaran 1444 H

pedagang sate Maranggi

TrendPurwakarta.com – Kerja keras Pemerintah Kabupaten Purwakarta mempersiapkan berbagai jenis destinasi wisata untuk menangkap peluang besar potensi ekonomi selama lebaran 2023 sukses membuahkan hasil.

Ratusan ribu wisatawan dari berbagai daerah bisa sukses terjaring untuk berlibur lebaran. Dampaknya, rupiah dalam jumlah besar tentu mengalir mengisi pundi-pundi para pelaku usaha wisata sekaligus menggerakan roda ekonomi daerah.

Data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan, 263.253 wisatawan datang ke berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta. Dari jumlah itu, destinasi wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty menjadi juaranya.

Destinasi wisata kuliner yang menyajikan sate khas Purwakarta yang melegenda itu dikunjungi 68.781 wisatawan atau lebih dari 26 persen total wisatawan yang datang ke Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, jumah wisatawan yang datang ke Purwakarta pada lebaran 2023 ini jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 200 ribuan wisatawan.

“Peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Purwakarta selama libur lebaran merupakan hasil kerja keras yang kita persiapkan dengan matang. Peningkatan ini membuktikan Purwakarta berada dalam jalur yang tepat dalam membangun sektor industri pariwisatanya,” Bupati Ane Ratna Mustika, Rabu 10 Mei 2023.

Meski belum ada angka resmi yang disampaikan Pemkab Purwakarta, namun bisa dipastikan kunjungan ratusan ribu wisatawan itu menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar.

Jika satu wisatawan membelanjakan Rp. 100 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta,  maka bisa diperoleh penerimaan sedikitnya Rp 26,3 milyar.  Itu dana yang cukup besar yang bisa mengalir kepada para pelaku usaha  sektor pariwisata di Purwakarta.

“Jumlah persisnya saya belum tahu. Karena penerimaan dari sektor pariwisata selama lebaran tentu masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait. Namun yang pasti, saya sangat bersyukur bila penerimaan dari belanja para wisatawan itu bisa mengalir ke masyarakat pelaku usaha, khususnya para pelaku usaha dari UMKM,” kata Bupati Anne.

Pada kesempatan itu, Bupati perempuan pertama di Purwakarta itu memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Purwakarta dan instansi terkait seperti TNI dan Polri,  yang telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke Purwakarta dengan aman dan nyaman.

“Secara khusus saya mengapresiasi Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta dan TNI-Polri serta instansi lainnya yang telah bekerja sangat keras dalam mempersiapkan semua potensi wisata dengan sangat baik. Kinerja yang luar biasa ini harus bisa dipertahankan sehingga semua wisatawan dan para pelaku usaha bisa terlayani dengan baik,” kata Bupati Anne.

Destinasi Favorit Wisatawan

Sementara itu, Kepala Disporaparbud Purwakarta Mochamad Ramdhan mengatakan, 263.253 wisatawan lebaran itu datang memadati berbagai destinasi wisata antara 23-30 April 2023.