Bupati: Panen Raya Sukses, Ketersediaan Pangan di Purwakarta Aman

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada kegiatan panen raya

Bupati perempuan pertama Purwakarta itu mengatakan, kesuksesan panen raya itu sangat membanggakan dan sangat layak diapresiasi. Keberhasilam panen raya itu sekaligus memastikan ketersediaan pangan di Purwakarta aman. Keberhasilan itu juga semakin memantapkan Purwakarta sebagai daerah yang memiliki angka surplus beras yang tinggi.

“Dengan keberhasilan itu sekaligus membuktikan bahwa kita berada dijalur yang tepat dalam membangun ketahanan pangan di Purwakarta. Itu sekaligus sebagai bukti bahwa kita juga akan terus mendukung dan memperkuat ketahanan pangan nasional,” kata Ambu Anne.

Stok beras di Kabupaten Purwakarta untuk tiga bulan pertama tahun 2023 ini saja sudah mencapai 58,646 ton. Sementara kebutuhan beras masyarakat diperkirakan mencapai 25.503 ton. Dari angka tersebut, artinya Kabupaten Purwakarta memiliki surplus 33.143 ton beras. Angka itu diperkirakan akan terus bertambah jika ditambah dengan hasil panen raya yang masih berlangsung.

Bupati Anne meminta Dinas Pangan Dan Pertanian Kabupaten Purwakarta untuk terus bekerja keras agar produksi padi dimasa mendatang bisa terus ditingkatkan.

“Kita harus terus berusaha agar keberhasilan ini dapat terus ditingkatkan. Karena dari keberhasilan pembangunan sektor pertanian diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya kalangan petani yang telah bekerja keras,” demikian Ambu Anne. (jainul abidin/hms)