Guru dan Dosen Indonesia Mengikuti Pelatihan Small Scale Chemistry 2023 di Negara Thailand 

Guru dan Dosen dari Indonesia yang ikut pelatihan ke Negara Thailand

Pada hari pertama acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr.Vudhichai Parasuk  selaku ketua Chemical Society of Thailand. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan DOW Chemistry Academy oleh Prof. Supawan Tantayanon selaku Director of DOW Chemistry Classroom di Mae Fang Luah University dan Paparan Ilmiahdengan topik  ‘’Using Small Scale Chemistry to uncover information for teachers and students about how ‘’simple’’chemical processes used in school, operate. However, there are barriesin the way’’ by Robert Worley, CLEAPPS, UK. Sesi kedua diisi dengan Banquette of PACCON 2023.

Pada hari kedua diisi dengan kegiatan serupa yang bertempat di Sann Hotel Chiang Rai dengan tema “Competency-based Chemistry Education for New-generation learner by Assistant Prof. Dr. Niswat Srisawadi. Kegiatan selanjutnya memperkenalkan alat media pembelajaran berupa perlengkapan model molekular kimia. Kegiatan diisi dengan Pelatihan Small Scale Chemistry dan diskusi kelompok( yang terdiri dari guru kimia dari Indonesia, Cambodia, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Nepali) mempelajari dan meningkatkan kemampuan kegiatan mendemonstrasikan dari beberapa percobaan yang terpilih, lalu hasil diskusi dipresentasikan. Adapun topik yang dilaksanakan :

  1. Conceptualization of reseach-based high-impact learning and teaching practices
  2. Ideation and Creation of Small Scale Chemistry laboratory integrated the high-impact practices

Selanjutnya, peserta melakukan kunjungan ke gedung SingHa Park dan bertemu dengan presiden dari Bangkok Bank. Ditempat inik, peserta disambut oleh executive dari Bangkok Bank lalu ada presentasi Project Small Scale Chemistry oleh Prof. Supawan. Prof. Supawan menjelaskan bahwa project ini dibiayai oleh Bangkok Bank untuk tahun berikutnya, sehingga  tahun kedepan setiap peserta dari masing-masing negara akan hadir kembali ke Bangkok, Thailand, untuk mengikuti pelatihan ini.

Plt Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bungursari, Dra. Hj. Titin Kuraesin, M. Pd ketika dihubungi ….. , Selasa (24/01/2023) melalui sambungan telepon mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan guru yang aktif untuk pengembangan dan peningkatan kualitas diri guru.

“Diharapkan dampaknya terjadi meningkatnya kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Bungursari ini,”harap Plt. Kepsek Dra. Hj. Titin Kuraesin, M. Pd. (***)