Pemkab Purwakarta Libatkan Elemen Lintas Sektoral untuk Pengamanan Nataru

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kapolres AKBP Edwar Zulkarnaen dan Dandim 0619/Pwk, Letkol Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi

TrendPurwakarta.com – Berdasarkan prediksi pemerintah, bakal ada sekitar 71 juta orang yang memanfaatkan libur atau cuti Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang tersebar di seluruh provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Untuk kepentingan tersebut, jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Tingkat Mabes Polri Dalam Rangka Kesiapan PAM Natal 2022 Dan Tahun Baru 2023 secara virtual, Jumat 16 Desember 2022. Rakor tersebut dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Di Purwakarta, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Kapolres dan Dandim 0619 mengikuti rakor virtual tersebut di Bale Paseban, Komplek Setda Purwakarta. Dalam agenda tersebut, juga tampak hadir unsur Forkopimda lainnya, Staf Ahli, Asda, Dishub, Satpol PP, Disporaparbud, Damkar, Dinkes, BPBD dan unsur Kesbangpol Purwakarta.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustikan mengatakan, Rakor ini membahas soal apa saja yang dipersiapkan dalam menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 secara terperinci, dengan mengantisipasi setiap hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

“Demi kelancaran pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tersebut, perlu adanya kerjasama semua pihak, lintas sektoral,  termasuk organisasi masyarakat,” kata Ambu Anne.

Ia juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat Purwakarta untuk bersama-sama mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 agar semuanya bisa berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyebut, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mencegah kepadatan arus lalulintas selama libur hari raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 di wilayah hukum Kabupaten Purwakarta.