Ketua DPRD dan Komisi III Prihatin Atas Kondisi TPA Cikolotok Yang Menyebabkan Pencemaran Lingkungan

Ketua DPRD Purwakarta, H. Ahmad Sanusi, SM (baju Putih) dan Ketua Komisi III, Hidayat, S.Th.I (acung jempol) beserta anggota Komisi III DPRD Purwakarta saat Sidak TPA Cikolotok

TrendPurwakarta.com – Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, H. Ahmad Sanusi, SM dan Ketua Komisi III DPRD, Hidayat, S.Th.I beserta anggotanya melakukan infeksi mendadak (sidak) ke tempat pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok yang berada di Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, 26 Juli 2022.

Sidak tersebut dilakukan adanya laporan dari masyarakat mengenai pencemaran resapan air yang terjadi akibat pengelolaan sampah belum memenuhi standar dan berdampak pada keselamatan para pemulung di TPA Cikolotok serta adanya ternak yang digembelakan pemilik ternak dilokasi TPA.

Menurut Ketua DPRD, H. Ahmad Sanusi yang akrab disapa H. Amor, para pemulung di TPA Cikolotok ketika memungut sampah beradu cepat bersamaan dengan sampah yang ditumpahkan dari kendaraan serta beroperasinya alat berat yang ada di bagian atas.

“Para pemulung harus jadi perhatian pemerintah daerah, kalau seperti ini mereka memungut sampah, kesehatan dan nyawa mereka bisa terancam. Juga masalah keberadaan hewan ternak seperti sapi dan domba di TPA Cikolotok,”kata politisi dari Partai Golkar itu.

Seharusnya, kata Ketua DPRD, di kawasan itu steril dari hewan ternak. Sebab, sampah sayuran yang terbawa mobil sampah dibuang di TPA itu, yang mengandung sampah plastik pun bisa dimakan oleh hewan ternak tersebut.